DEFINISI SISTEM INFORMASI

  •  Pengertian Sistem Informasi

Definisi dari sistem informasi (SI) secara umum adalah suatu sistem yang mengkombinasikan antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi untuk mendukung manajemen dan kegiatan operasional. Dimana, hal tersebut merujuk pada sebuah hubungan yang tercipta berdasarkan interaksi manusia, data, informasi, teknologi, dan algoritma.

Di abad ke – 21 ini, penerapan sistem informasi tidak hanya diimplementasikan pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saja, namun kebutuhan proses bisnis lain juga sangat membutuhkan kontrol dari SI. Sehingga, sistem informasi terbentuk sebagai tipe khusus dari proses kerja.

Penggunaan dari SI sendiri ditujukan untuk mengolah berbagai informasi yang dikelola oleh setiap perusahaan atau organisasi, sehingga sumber daya atau resources yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan dapat mempersingkat waktu penanganan proses. Selain itu, data yang dikelola juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, serta mampu mempersingkat birokrasi yang ada.

  • Kegunaan Sistem Informasi

Berikut merupakan beberapa kegunaan dari sistem informasi.

1. Sistem informasi memiliki fungsi untuk mempermudah manajemen, merencanakan, memantau, mengarahkan, serta mendelegasikan pekerjaan ke semua departemen yang mempunyai hubungan koordinasi.

2. Sistem informasi memiliki fungsi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas data yang disajikan secara akurat dan tepat waktu.

3. Sistem informasi berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lantaran unit kerja terkoordinasi dan sistematis.

4. Sistem informasi berfungsi untuk meningkatkan produktivitas serta penghematan biaya dalam suatu perusahaan.

  • Stakeholder Sistem Informasi

Stakeholder Sistem Informasi adalah orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau yang ditawarkan. Pekerja informasi adalah stakeholder dalam sistem informasi. Pekerja informasi termasuk orang-orang yang pekerjaannya melibatkan pembuatan, pengumpulan, pemprosesan, distribusi dan penggunaan informasi. Mereka adalah Manajer SI, Analis Sistem, Pembangun Sistem, Designer Sistem, Pengguna Sistem, Bussines Manager, dan lain sebagainya.

  • Pengguna Sistem Informasi

Pengguna sistem informasi adalah orang atau badan yang mempunyai kepentingan terhadap informasi yang dipakai. Berikut merupakan contoh siapa saja pengguna sistem informasi :

-    Pengguna dalam bidang manajemen adalah manajer dan anak buahnya.

-    Pengguna dalam bidang pendidikan adalah para pendidik (guru, dosen) dan anak didiknya.

-    Pengguna dalam bidang telekomunikasi adalah para manajer dan anak buahnya.

-    Pengguna dalam bidang pertahanan adalah para komandan dan prajuritnya.

-    Pengguna dalam bidang teknologi informasi adalah programmer, end-user, admin jaringan, graphic designer.

  • Input dan Output Sistem Informasi

Input merupakan data yang dimasukkan ke dalam sistem informasi untuk diproses. Input akan diproses dengan prosedur tertentu untuk menghasilkan output yang sesuai. Setelah input selesai diproses, maka sistem akan menghasilkan output yang diinginkan oleh pengguna sistem. Output tersebut berupa informasi yang bermanfaat yang dapat membantu pengguna sistem dalam mengambil keputusan. Input dan output dalam sistem informasi bisa bermacam-macam tergantung tujuan, konteks, dan kebutuhan penggunanya. 

Input dapat berupa data yang diterima dari berbagai sumber, seperti formulir pendaftaran, data pelanggan, transaksi keuangan, dll. Input dapat berupa teks, angka, gambar, suara, atau video.

Output bisa berupa informasi yang ditampilkan pada layar komputer, laporan, grafik, dll. Output bisa juga berupa bentuk fisik seperti cetakan, bukti pembayaran, atau laporan.


Referensi

  1. https://bamai.uma.ac.id/2022/05/10/pengertian-sistem-informasi/
  2. https://www.merdeka.com/trending/fungsi-sistem-informasi-ketahui-pengertian-menurut-ahli-beserta-manfaatnya-kln.html
  3. http://www.kitainformatika.com/2014/04/para-stakeholder-sistem-informasi.html
  4. https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2019/11/22/komponen-komponen-sistem-informasi/

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH 'SYSTEM REQUEST' : WARTEG DIGITAL

PWEB - ETS - HTML, CSS, JAVASCRIPT, BOOTSTRAP