Selesksi dan Manajemen Proyek Sistem Informasi

Kelompok 10
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi - E

  • Abdullah Yasykur Bifadhlil Midror (5025211035)
  • Achmad Khosyi` Assajjad Ramandanta (5025211007)
  • Akmal Sulthon Fathulloh (5025211047)

Pengertian

Seleksi dan manajemen proyek merupakan suatu bentuk pengelolaan yang terdiri dari seleksi dan manajemen semua kegiatan dan pekerjaan yang harus dilakukan selama proyek perangkat lunak berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek tersebut berjalan tepat waktu dan memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Tujuan utama dari manajemen proyek adalah mendapatkan dokumen terinci yang dapat membimbing/memandu pelaksanaan eksekusi suatu proyek. Untuk memandu eksekusi, rencana harus realistis dan berguna. Untuk membuat rencana yang realistis dan berguna, memerlukan usaha dan waktu yang cukup dalam proses perencanaan dengan melibatkan orang atau pihak yang kompeten.

Metodologi yang Digunakan

Metodologi yang dipilih dalam proyek ini adalah metode iteratif. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan metode iteratif.

  • Fleksibilitas: Metodologi iteratif dirancang untuk fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perubahan persyaratan proyek. Setiap iterasi selesai, umpan balik dikumpulkan dan digunakan untuk meningkatkan iterasi berikutnya.
  • Waktu ke pasar yang lebih cepat: Dengan metodologi iteratif, proyek dibagi menjadi komponen yang lebih kecil yang dapat diselesaikan lebih cepat. Ini berarti bahwa proyek dapat disampaikan kepada pelanggan dalam inkremen yang lebih kecil, yang dapat mengarah pada waktu ke pasar yang lebih cepat.
  • Kolaborasi yang lebih baik: Metodologi iteratif menekankan kolaborasi dan komunikasi antara anggota tim. Setelah setiap iterasi selesai, anggota tim memiliki kesempatan untuk meninjau dan memberikan umpan balik, yang dapat meningkatkan kolaborasi dan semangat tim.
  • Kualitas yang lebih tinggi: Dengan metodologi iteratif, setiap iterasi diuji dan ditinjau sebelum melanjutkan ke iterasi berikutnya. Ini berarti bahwa kesalahan dan masalah dapat ditangkap dan ditangani sejak awal, yang dapat mengarah pada hasil yang lebih baik.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Dengan menyampaikan proyek dalam inkremen yang lebih kecil, pelanggan memiliki kesempatan untuk melihat kemajuan dan memberikan umpan balik sepanjang proyek. Ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan hasil akhir yang lebih baik.

Secara keseluruhan, metodologi iteratif dapat menjadi pendekatan manajemen proyek yang sangat efektif, terutama untuk proyek dengan persyaratan yang berkembang atau tingkat ketidakpastian yang tinggi. Dengan memecah proyek menjadi komponen yang lebih kecil dan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan setiap iterasi, metodologi iteratif dapat mengarah pada hasil yang lebih baik dan proses pengiriman proyek yang lebih efisien.

Skema Metode Iteratif
Skema Metode Iteratif

Penjadwalan Kerja

Perencanaan Analisis Perancangan Implementasi
Standar industri bisnis aplikasi SIMPEG 15% 20% 35% 30%

Perencanaan Kerja

ID Tugas Nama Tugas Ditugaskan kepada Estimasi Status
Durasi (Hari)
1 Perencanaan Fadhly 14 Selesai
1.1 Pengumpulan informasi kebutuhan Fadhly 3 Selesai
1.1.1 Pengumpulan kebutuhan organisasi Fadhly 3 Selesai
1.1.2 Pengumpulan kebutuhan stakeholder Fadhly 3 Selesai
1.2 Perancangan rencana proyek Fadhly 3 Selesai
1.2.1 Penentuan tujuan dan batasan proyek Fadhly 1 Selesai
1.2.2 Pembuatan jadwal rencana proyek Fadhly 2 Selesai
1.3 Perancangan tim Fadhly 3 Selesai
1.3.1 Penentuan anggota proyek Fadhly 1 Selesai
1.3.2 Penentuan peran anggota proyek Fadhly 2 Selesai
1.4 Pengumpulan anggaran dan sumber dana Fadhly 5 Selesai
1.4.1 Pengumpulan anggaran proyek Fadhly 5 Selesai
1.4.2 Pengumpulan sumber daya lainnya Fadhly 7 Selesai
2 Analisis Khosyi' 11 Selesai
2.1 Pengumpulan dan analisis data Khosyi' 5 Selesai
2.1.1 Pengumpulan data pegawai Khosyi' 3 Selesai
2.1.2 Analisis data pegawai Khosyi' 3 Selesai
2.2 Penentuan persyaratan fungsional dan non fungsional Khosyi' 6 Sedang berjalan
2.2.1 Penentuan persyaratan fungsional Khosyi' 6 Sedang berjalan
2.2.2 Penentuan persyaratan non fungsional Khosyi' 6 Sedang berjalan
3 Desain Akmal 16 Belum dimulai
3.1 Desain arsitektur Akmal 4 Belum dimulai
3.1.1 Perancangan basis data Akmal 4 Belum dimulai
3.1.2 Perancangan sistem antarmuka pengguna Akmal 4 Belum dimulai
3.1.3 Perancangan sistem keamanan Akmal 4 Belum dimulai
3.2 Perancangan fitur Akmal 7 Belum dimulai
3.2.1 Perancangan fitur sistem kepegawaian Akmal 7 Belum dimulai
3.3 Perancangan alur kerja Akmal 5 Belum dimulai
3.3.1 Perancangan alur kerja sistem kepegawaian Akmal 5 Belum dimulai
4 Implementasi Fadhly 28 Belum dimulai
4.1 Pengembangan Fadhly 14 Belum dimulai
4.1.1 Pengembangan sistem sesuai rancangan Fadhly 14 Belum dimulai
4.2 Pengujian Khosyi' 5 Belum dimulai
4.2.1 Pengujian sistem dan fitur Khosyi' 5 Belum dimulai
4.3 Pengintegrasian data Khosyi' 7 Belum dimulai
4.3.1 Pengintegrasian data pegawai pada sistem yang sudah ada Khosyi' 7 Belum dimulai
4.4 Pelatihan Akmal 3 Belum dimulai
4.4.1 Pelatihan penggunaan sistem Akmal 3 Belum dimulai

Penentuan Tim dan Penanggung Jawab

Peran Deskripsi Ditugaskan kepada
Project Manager Mengawasi proyek untuk memastikan bahwa itu memenuhi tujuannya tepat waktu dan sesuai anggaran Fadhly
Infrastructure Analyst Mengidentifikasi dan menentukan kebutuhan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun sistem Khosyi'
System Analyst Mengidentifikasi dan menentukan kebutuhan sistem yang dibutuhkan untuk membangun sistem Akmal
System Designer Mengidentifikasi dan menentukan kebutuhan sistem yang dibutuhkan untuk membangun sistem Akmal
System Developer Membangun sistem sesuai dengan rancangan yang telah dibuat Fadhly
System Tester Menguji sistem untuk memastikan bahwa sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan Khosyi'

Analisis dan Manajemen Risiko

Referensi

"Seleksi dan Manajemen Proyek". fajarbaskoro.blogspot.com. 02-10-2018. 15-03-2023. https://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/10/apsi-seleksi-dan-manajemen-proyek.html

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH 'SYSTEM REQUEST' : WARTEG DIGITAL

PWEB - ETS - HTML, CSS, JAVASCRIPT, BOOTSTRAP